Beredar Gambar Paten, Toyota Yaris Cross Segera Masuk Indonesia?

Toyota diketahui tengah mendaftarkan hak paten desain mobil terbaru. Hal itu terpantau dari laman resmi Pangkalan Data Kekayaan dan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Indonesia. Pada laman tersebut sebuah mobil SUV kompak sudah didaftarkan sejak Februari 2020 dan nomor persetujuan dari Direktur Putusan dikeluarkan pada September 2020.

Paten desainnya dipegang langsung oleh Toyota Jepang. Tertera juga lima nama perancang desainnya yakni Hideaki Iida, Jun Takahashi, Maki Kobayashi, dan Yoshikazu Shoji yang semuanya berkebangsaan Jepang.

Terlihat sekilas, paten mobil ini mirip dengan Toyota Yaris Cross yang sudah diperkenalkan lebih dulu pada Agustus 2020 di Jepang.

Yaris Cross dirancang dari basis Yaris Hatchback terbaru yang sudah mengusung sasis Toyota New Global Architecture atau TNGA-B. Terkait jantung pacunya, pabrikan menyediakan dalam jenis mesin bensin dan juga hybrid.

Untuk opsi bensin, terdapat mesin 1.500 cc Dynamic Force Engine dengan kode M15A-FKS. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 PS atau setara 118,3 HP dan torsi puncak 145 Nm yang disalurkan lewat transmisi Direct Shift CVT.

Untuk opsi kedua, tertanam juga mesin hybrid 1.500 cc dengan teknologi Toyota Hybrid System generasi II. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 91 PS atau 89,7 HP dan torsi tertinggi menyentuh 120 Nm. Output ini dikawinkan dengan transmisi e-CVT.

Toyota Yaris Cross juga dibekali dengan beberapa piranti canggih. Bahkan SUV ini dibenamkan dengan Toyota Safety Sense. Di antaranya adalah Pre-collision Safety System, Low Speed Acceleration Control, The Emergency Steering Assist, Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS), dan Road Sign Assist (RSA).

Tidak hanya itu, hadir juga ISOFIX serta sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang. Kemudian fitur keamanan Airbags, Blind Spot Monitoring, S-VSC with lateral wind control, sampai Secondary Collision Brake.

Sebagai sebuah SUV kompak, Toyota Yaris Cross memiliki panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi mencapai 1.560 mm. Adapun untuk wheelbase bermain di 2.560 mm.

Melansir dari Liputan6, saat dikonfirmasi apakah dengan munculnya gambar paten tersebut pertanda bahwa Yaris Cross akan segera dihadirkan di pasar Indonesia? Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi memilih irit bicara. Anton mengatakan saat ini Toyota Yaris Cross belum masuk strategi produk penjualan di Tanah Air. Namun ia sedikit memberi kisi-kisi jika mobil ini kelak akan diniagakan di Indonesia.

Untuk harganya, Toyota Yaris Cross dibanderol dengaan harga paling murah 1.789.000 Yen atau Rp233 jutaan dan untuk tipe termahal yaitu hybrid dibanderol 2.815.000 Yen atau setara Rp356 jutaan.

Toyota disinyalir hadir dalam pameran yang diadakan GAIKINDO di akhir tahun 2021 dengan membawa produk andalan mereka yang juga memiliki fitur-fitur yang luar biasa tentunya dengan berbagai penawaran menarik yang diberikan. Tunggu dan nantikan kehadiran serta penawaran menarik dari Toyota hanya pada pagelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week 2021.

Akan hadir juga berbagai brand ternama dunia sebagai pesertanya, dalam penyelenggaraan GAIKINDO Jakarta Auto Week yang akan memberikan berbagai macam penawaran menarik dan tentunya akan menghadirkan berbagai macam model terbaru. Jadi rencanakan pembelian mobil barumu di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2021 ya!

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week, ikuti Instagram @jakartaautoweek atau kunjungi www.jakartaautoweek.com.

Share this article

Leave a comment